PENELITIAN TERAPAN

Pengaruh Perbaikan Tanah Lempung Lunak Menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Terhadap Kinerja Perkerasan Kaku

ABSTRAK
Perkerasan kaku banyak digunakan pada kondisi tanah dasar yang mempunyai daya dukung rendah sehingga akan mempengaruhi umur rencana jalan dan kinerja perkerasan kaku. Perbaikan tanah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD). Parameter konsolidasi tanah yang digunakan hasil pengujian konsolidasi alat rowe cell di laboratorium. Kinerja perkerasan kaku ditinjau berdasarkan lendutan yang terjadi akibat beban kendaraan MST 10 ton dengan konfigurasi sumbu 1.2. Pengujian eksperimental dilakukan pada tanah tanpa PVD dan dengan PVD yang dimodelkan dengan skala geometri 1:10. Plate load test dilakukan untuk mendapatkan nilai modulus reaksi tanah. Nilai modulus reaksi tanah tanpa PVD 2179,24 kN/m2/m dan tanah dengan PVD jarak 100 mm 11311,09 kN/m2/m. Verifikasi dan analisis metode elemen hingga dilakukan menggunakan ETABS 2016 untuk mengetahui kinerja perkerasan kaku akibat pengaruh perbaikan tanah menggunakan PVD pada skala penuh. Nilai modulus reaksi tanah ter verifikasi tanah tanpa PVD kz = 22419,21 kN/m2/m dan tanah dengan PVD kz = 38718,4 kN/m2/m. Tebal pelat yang dianalisis 150 mm, 200 mm, 250 mm, 300 mm, dan 350 mm. Posisi beban roda kendaraan berada di tengah, ujung, dan tepi. Lendutan akibat beban tengah, ujung, dan tepi berturut-turut untuk seluruh tebal pelat rata-rata tereduksi sebesar 31%, 34%, dan 33%. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perbaikan tanah menggunakan PVD dapat meningkatkan nilai modulus reaksi tanah dan mereduksi nilai lendutan.
Kata Kunci: Perbaikan tanah, PVD, Modulus reaksi tanah, Rowe cell, Perkerasan kaku.

ABSTRACT
Rigid pavement is widely used in subgrade conditions that have low bearing capacity so that it will affect the life of the road plan and rigid pavement performance. Soil improvement that can be done is by using Prefabricated Vertical Drain (PVD). Soil consolidation parameters used in the results of testing the consolidation of rowe cell in the laboratory. Rigid pavement performance is reviewed based on deflection that occurs due to MST 10 ton vehicle loads with 1.2 axis configuration. Experimental testing was carried out on soil without PVD and with PVD modeled with a geometric scale of 1:10. Plate load test is carried out to get the modulus of subgrade reaction. Modulus of subgrade reaction without PVD 2179,24 kN/m2/m and soil with PVD distance of 100 mm 11311,09 kN/m2/m. Verification and analysis of finite element method was carried out using ETABS 2016 to determine the performance of rigid pavement due to the effect of soil improvement using PVD at full scale. The modulus of the verified subgrade reaction without PVD kz = 22419,21 kN/m2/m and soil with PVD kz = 38718,40 kN/m2/m. The thickness of the analyzed plates are 150 mm, 200 mm, 250 mm, 300 mm, and 350 mm. The position of the vehicle wheel load is in the middle, the end, and the edge. Deflections due to the middle, the end, and the edge loads respectively for the entire plate thickness are reduced by an average of 31%, 34%, and 33%. Based on the results of the analysis shows that soil improvement using PVD can increase the modulus of the subgrade reaction and reduce deflection values.
Keywords: Soil improvement, PVD, Modulus of subgrade reaction, Rowe cell, Rigid pavement.