PENELITIAN TERAPAN

Pengaruh Service Quality, Economic, Image, Terhadap Kepuasan Nasabah, Loyalitas, dan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah (Studi Pada Bank Umum Syariah di Kota Medan dan Bandung)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Quality, Economic, dan Image Terhadap Kepuasan Nasabah, Loyalitas dan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia. Sesuai ketentuan DSN-MUI bank syariah diharuskan menjalankan bisnis mereka berdasarkan prinsip syariah.Pemberian layanan yang maksimal merupakan bentuk penerapan prinsip-prinsip syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Umum Syariah di Kota Bandung dan Medan. Sampel pada penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi 5 yaitu nasabah pada Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS), Bank Muamalat, Bank Jabar Banten Syariah (BJBS), dan Bank Aceh beserta laporan tahunan dari masing-masing bank syariah tersebut. Data dalampenelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 280 nasabah bank syariah di dua kota, Medan dan Bandung. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model dengan alat analisis Warp PLS 6.0.Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas layanan (service quality), berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas. Ekonomi (economic), berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas. Citra (image), berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan dan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.Kepuasan nasabah dan loyalitas kemudian loyalitas berpengruh signifikan terhadap kinerja keuangan bank umum syariah.Dari perspektif manajerial, penelitian ini memberikan panduan bagi manajer bank syariah bahwa selain memberikan kualitas layanan yang tinggi, mereka perlu efisien dalam menetapkan biaya layanan serta memiliki citra yang menguntungkan sebagai strategi penting untuk memajukan keunggulan kompetitif bank mereka.
Kata Kunci: Service Quality, Economic, Image, Kepuasan Nasabah, Loyalitas, dan Kinerja Keuangan Bank Syariah.